Jumat, 11 Januari 2013

Padepokan Nasional Pencak Silat Indonesia


Padepokan berarti sebuah kompleks perumahan dengan areal cukup luas yang disediakan untuk belajar dan mengajar pengetahuan dan keterampilan tertentu. Padepokan yang disediakan untuk belajar dan mengajar pencak Silat dinamakanPadepokan Pencak Silat. Padepokan Nasional Pencak Silat Indonesia, atau disebut juga Padepokan Pencak Silat Indonesia (PnPSI) adalah padepokan berskala nasional dan internasional yang berdiri di atas lahan yang luasnya sekitar 5,2 hektar, yang berlokasi di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Padepokan yang luas total bangunannya sekitar 8.700 m2, dan luas total selasar-selasarnya sekitar 5.000 m2 ini secara resmi dibuka oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1997.
Gagasan pembangunan padepokan nasional ini awalnya dilontarkan melalui Munas IPSI tahun 1990, melalui beberapa fungsionaris di IPSI. Kemudian gagasan ini  diupayakan agar dapat terwujud, termasuk oleh Bambang Trihatmojo dan Prabowo Subianto beserta rekan-rekan. Agar gagasan ini dapat terwujud, Ibu Tien Soeharto menyumbangkan sebidang tanah yang kemudian menjadi lokasi dimana padepokan ini dibangun. Kemudian untuk melaksanakan pembangunannya, Prabowo Subianto ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Pembangunan Padepokan. Biaya pembangunannya sekitar Rp 15 miliar. IPSI menerima sumbangan dari donatur dan simpatisan. ”Kalau hanya tenaga dan pikiran IPSI, mewujudkan padepokan seperti mustahil,” kata Eddie Marzuki Nalapraya, Ketua Umum IPSI saat itu.
Padepokan Nasional Pencak Silat Indonesia mempunyai sekurang-kurangnya 5 fungsi, yakni :
  1. Sebagai pusat informasi, pendidikan, penyajian dan promosi berbagai hal yang menyangkut Pencak Silat;
  2. Sebagai pusat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan upaya pelestarian, pengembangan, penyebaran dan peningkatan citra Pencak Silat dan nilai-nilainya;
  3. Sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat Pencak Silat Indonesia;
  4. Sebagai sarana untuk mempererat persahabatan diantara masyarakat Pencak Silat di berbagai negara;
  5. Sebagai sarana untuk memasyarakatkan 2 kode etik manusia Pencak Silat, yakni : Prasetya Pesilat Indonesia dan Ikrar Pesilat.

Padepokan Pencak Silat Indonesia sebagai suatu kompleks terdiri dari 9 bangunan, yang masing-masing mempunyai nama sendiri, yakni :
  1. Pendopo Agung. 
    Ini adalah tempat yang disediakan untuk menerima dan memberi kehormatan kepada tamu-tamu VIP padepokan.
  2. Pondok PERSILAT.
    Gedung bertingkat 2 ini digunakan untuk kantor Pengurus Pusat PERSILAT pada lantai I, dan untuk pengobatan dan pemijatan secara tradisional pada lantai dasarnya
  3. Pondok IPSI.
    Di gedung bertingkat 2 ini, kantor PB IPSI terletak di lantai I dan kantor Pengda IPSI DKI Jakarta terletak di lantai dasar.
  4. Pondok Pustaka.
    Pada bangunan yang berlantai 3 ini, Perpustakaan dan kantor Pondok Pustaka berada di lantai dasar dan Musium berada di lantai 1 dan 2.
  5. Pondok Gedeh. 
    Ini adalah stadion untuk menyelenggarakan pertandingan-pertandingan pencak silat dan berbagai kegiatan lainnya. Stadion ini dapat menampung sekitar 3.000 penonton.
  6. Pondok Serbaguna.
    Ini adalah tempat untuk mengadakan pertemuan, seminar, Munas dll., termasuk pesta perkawinan dan ulang tahun. Pondok ini dapat memuat 750 orang dan disediakan sebagai tempat yang disewakan.
  7. Pondok Penginapan.
    Bangunan berlantai empat ini merupakan penginapan yang disewakan yang mempunyai 96 kamar, diantaranya 40 kamar VIP. Kantor pengelola padepokan terletak di lantai dasar.
  8. Pondok Meditasi.
    Pondok ini terdiri dari 7 gua buatan yang terletak di belakang Pondok Penginapan dan disediakan bagi mereka yang ingin mendapat kekhusyukan dalam bermeditasi untuk memperoleh kesehatan, kebugaran, daya tahan mental dan fisik serta apa yang disebut keperkasaan.
  9. Mushola.
    Ini merupakan tempat bukan saja untuk melakukan sholat tetapi juga untuk ceramah-ceramah Islam. Mushola ini dapat menampung sekitar 100 orang.
Unit-unit kerja yang mengelola Padepokan Pencak Silat Indonesia, yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala, terdiri dari : unit pengelola Urusan Rumah Tangga, unit pengelola Pondok Penginapan dan Pondok Serba Guna, unit pengelola Perpustakaan dan Musium (Pondok Pustaka), unit pengelola Pondok Gedeh, unit pengelola Urusan Personalia, unit pengelola Urusan Keuangan, dan Sekretariat. Seluruh unit kerja tersebut dibawahi oleh seorang Kepala Padepokan Pencak Silat Indonesia. Alamat Padepokan Pencak Silat Indonesia adalah : Jl. Taman Mini I Jakarta 13560, telepon / fax : 021-846666 / 021-8416011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar